Cara Menjadi Professional Graphic Designer

Ketika kita sedang berada disebuah Restoran di jalanan ataupun dimana saja dan terlihat design-design digital pasti kita akan berfikir, bisakah saya membuat design sebagus itu? seperti seakan mustahil untuk bisa membuat design professional, tetapi jangan beranggapak kita sama sekali tidak bisa membuat design professional, tidak ada yang tidak bisa dilakukan asalkan ada niat untuk belajar.

kali ini saya ingin membagikan tips dan cara untuk dapat membangun pribadi yang sangguo menjadi professional design graphic, langsung saja dari yang pertama adalah:

1. Posting Hasil design dan Minta Komentar

Ketika anda sedang membuat sebuah design, entah itu kerjaan pribadi atau permintaan dari klien. tidak mungkinkan bahwa anda akan merasa puas begitu saja setelah mengerjakannya? pasti anda perlu sebuah penilaian (Feedback atau Saran) dari orang lain.

Caranya mudah, anda dapat gabung pada grup-grup Facebook yang memang dikategorikan dengan passion (keahlian) desain anda. Dengan begitu anda bisa posting hasil karya anda di sana lalu cobalah untuk meminta sebuah Saran untuk desain anda. Maka orang-orang akan coba memberikan anda sebuah sentuhan kecil yang memang cukup berguna (bahkan bisa merubah desain anda menjadi lebih baik). Seseorang desainer perlunya juga sebuah sosialisasi dengan sesama desainer lainnya.

2. Tetap Berlatih

setiap hari demi hari anda akan mendapatkan Komentar tentang design anda baik atau buruk itu tidak menjadi masalah, karena mereka tentu saja ingin membantu anda untuk menjadi lebih baik lagi dalam membuat design. Tetapi yang akan menjadi masalah ketika anda berhenti untuk berlatih, anda pesimis karena terlalu banyak revisi atau feedback Negatif kepada design anda.

Jika anda berhenti disana, mungkin anda tidak akan pernah bisa ke depannya untuk menjadi professional. Pada passion yang lain anda juga akan seperti itu, anda selalu menerima keadaan. Anda tidak ingin merubahnya, anda telan mentah-mentah dan terus berulang seperti itu sampai tidak ada habisnya.

3. Buatlah Design Simple dan Cepat

Jika anda sudah terlalu capek untuk berlatih, dari bagaimana anda menyiapkan aset-aset suatu desain layaknya icon, font, color, element, ornament, dan masih banyak lainnya. Tetapi ketahuilah bahwa kita ini hidup di jaman canggih dan Modern, dimana anda bisa bisa terhubung dengan lainnya hanya dengan koneksi Internet.

Maka dari itu banyak website yang menyediakan Freebies (tempat download gratis) untuk suatu aset-aset desain. Kenapa anda tidak menggunakannya saja yang berlisensi Free Copyright juga banyak kan, kenapa anda harus buat dari nol jika memang sudah ada sebelumnya di Internet (mungkin hanya perlu merubah warna atau posisinya saja). Gunakanlah Freebies selagi anda memang kepepet, tapi jika memiliki sebuah lisensi ya anda bisa cantumin juga lisensinya atau anda bisa beli full lisensinya.

4. Dapatkan Ilmu dari Kontes Internasional

Anda bisa melihat sebuah Global Contest yang dimana anda akan bertemu dengan desainer lainnya Internasional. maka dari itu anda dapat melihat cara mereka membuat desain, cara mereka membuat sebuah alur desain dan cara mereka memenangkan sebuah kontes. Semua anda bisa mengikuti gaya mereka, saya tidak menyarankan anda untuk mengikuti kontes lokal karena untuk jangkauan terbilang sempit. Dengan mengikuti kontes desain tingkat Internasional anda bisa lebih mendapatkan sebuah inspirasi dan ilmu pengetahuan yang tidak terbatas.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s