Definisi E-Commerce

Secara sederhana, pengertian E-Commerce adalah  suatu sistem pemasaran yang ada didalam media eletronik. Untuk lebih jelasnya tentang pengertian e-commerce, saya akan bahas pada artikel dibawah ini :

Pengertian E-commerce menurut beberapa sumber

Dalam buku Jony Wong tertulis bahwa pengertian E-commerce adalah pembelian (buying), penjualan (selling) dan pemasaran (marketing) barang dan jasa melalui sistem eletronik. bisa berupa televisi, radio dan jaringan nirkabel yaitu komputer dan juga Internet. E-commerce meliputi transaksi dana secara eletronik, pertukaran dan pengumpulan data. Semua transaksi berada didalam sebuah sistem manajemen inventori otomatis. Perdagangan eletronik ini sudah masuk dalam kategori industri teknologi informasi. Karena semua jenis usahanya melibatkan aplikasi dan penerapan sistem IT.
Pengertian e-commerce yang diambil dari Investopedia, bahwa pengertian e-commerce adalah model bisnis atau usaha yang membuat sebuah perusahaan ataupun individu untuk melakukan transaksi bisnis melalui jaringan atau peralatan eletronik, khususnya jaringan internet.
Menurut Sunarto, bahwa pengertian E-commerce adalah sarana menjual produk secara online dengan fasilitas internet atau perdagangan secara eletronik yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi, terutama internet.
Pengertian e-commerce menurut Mark Van Ketel dan Tim Nelson dalam searchio bahwa pengertian e-commerce adalah pembelian dan penjualan barang dan jasa atau pengiriman uang/dana ataupun data, melalui jalur eletronik, jaringan terutama internet. E-commerce dapat terjadi antara sesama perusahaan atau bisnis, pemilik bisnis dengan konsumer, konsumen kepada pemilik usaha. Istilah E-commerce dan e-bisnis terkadang disama artikan. istilah e-tail kadang digunakan sebagai proses transaksi dalam retail online.
setelah mengetahui apa itu E-Commerce dari beberapa sumber terkenal dunia, mari kita bahas lebih lanjut apa pengertian dari ecommerce. Seperti yang kita ketahui bersama, perkembangan intenet yang maju dan fungsi internet menghubungkan manusia secara global. e-commerce pertama kali muncul istilahnya sebenarnya dikarenakan adanya internet, E-commerce pada awalnya berupa perdagangan eletronik yang hanya sebatas pengiriman dokumen komersial saja seperti pemesanan pembelian atau invoice secara eletronik baik itu melalui fax ataupun email, kemudian e-commerce berkembang menjadi perdagangan berbasis web, yaitu pembelian barang ataupun jasa melalui Word Wide Web atau internet.
E-commerce dalam aplikasinya di lapangan menarik beberapa macam teknologi didalamnya Ada banyak bentuk e-commerce yang dilakukan sekarang ini, seperti E-mail, Chat, Transfer dana eletronik (kartu kredit ataupun paypal dan sejenisnya), pertukaran data eletronik (EDI), www dan lainnya.  antara lain internet banking, pembelian dan penyediaan barang atau toko online, pemesanan tiket pesawat, reservasi penginapan di hotel, reservasi di tempat hiburan, pemesanan tiket konser, bitcoin, pertukaran uang ataupun saham di internet, pembelian buku secara online dan bahkan ada sekarang yang lagi marak, e-commerce jasa prostitusi serta e-commerce jasa penghulu perkawinan. Aneh dan takjub bukan, bagaimana uniknya e-commerce.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s